ads

Sabtu, 29 Juli 2017

CARA MENGATASI MURAI BATU YANG STRES BAGIAN 2

CARA MENGATASI MURAI BATU YANG STRES BAGIAN 2

Burung anda macet bunyi? itu bisa saja di karenakan dalam keadaan stres, stres pada burung bisa terjadi kapan saja,hal ini mungkin di akibatkan ileh keadaan sekitar yang masih asing di mata burung murai batu anda.

Hal paling lazim terjadi mungkin perawatan kita yang terlalu over,mungkin kelebihan porsi makan dan sebagainya, ada baiknya kita jangan merubah komposisi pakan yang biasa kita berikan,jika hal ini tidak kta perhatikan maka beginilah yang terjadi.

Artikel terkait :cara mengatasi murai batu stres


Seperti yang terjadi pada burung murai batu tetangga saya,di beli 3 bulan lalu dalam kondisi macet bunyi, dari pemilik pertama hampir 4 bulan tak mengeluarkan suara sedikitpun, namun berkat

ketelitian dan kesabaran tetangga saya, brung yang awalnya malas bunyi mulai menunjukkan perkembangan yang poitif, saat saya temui di rumahnya dia menceritakan kronologi keadaan burungnya kok sampai seperti ini.

Kemudian saya beri masukan kepada teman saya, bahwa banyak faktor yang mempengaruhi burung macet bunyi pada murai batu. diantaranya;

>Burung memasuki pra/ masa moulting/mabung.

>Pada saat pra moulting burung biasanya dalam keadaan kurang fit.

>Burung dalam kondisi kurang sehat, biasanya terkena infeksi tenggorokan.

>Burung terkena kutu atau tengu yang bisa masuk ketenggorokan kantung suara murai batu, biasanya
 mandi yang kurang bersih dan sangkar yang jarang dibersihkan dan berakibat munculnya jamur bakteri termasuk kutu.

>Burung mengalami stress baik kalah mental saat ditest  karena umur belum mapan, atau sangkar terjatuh.

Diantara faktor yang mempengarui burung macet karena kondisi kurang sehat dan ditrek oleh pemilik lamanya yang mengakibatkan macet bunyi cukup lama. Itu terlihat pada ciri bulu yang kusam dan hanya ngeriwik saat dijauhkan dari keramaian.

Dengan kondisi seperti itu yang saya sarankan kepada teman saya agar menerapakan perawatan harian sebagai berikut;

-Saat pagi pukul 04.30 burung dikeluarkan dan diembunkan sampai pukul 07.00 (tiap hari)

-mandi dalam satu minggu hanya 4 kali pada pukul 07.00. Setelah diembunkan dan dijemur secukupnya sampai bulu kelihatan kering.

-pada saat mandi sangkar dibersihkan dengan rebusan daun sirih yang dicampur dengan air mandian sesuai takaran , karena rebusan daun sirih mampu menghilangkan jamur dan bakteri yang diakibatkan dari kotoran burung.

-setelah itu burung dimasukkan kembali ke kandang harian yang sudah dibersihkan, lalu diangin-anginkan sebentar dan diberi kroto yang sudah dibersihkan satu cepuk.

-air minum harus diganti tiap hari, saat pemberian air minum diberi 3 tetes Vitamin B kompleks injeksi setiap hari guna menghilangkan rasa stres, mememenuhi vitamin pada burung, karena burung yang stress membutuhkan asupan vitamin yang banyak agar strees lebih cepat hilang.

-stelah proses penggantian makan dan minum burung bisa kita krodong full.

-pada sore hari baru diberi extra foding jangkrik 5 ekor dan sedikit kroto segar lalu kembali dikrodong sampai esok pagi.

-dalam satu minggu wajib mandi malam satu kali dan ditambah 3 ulat jerman/hk.

-Pada saat burung sudah terlihat berbunyi jangan sekali kali mengubah aturan atau setelan semula, jika dirubah saya yakin burung akan kembali mengalami stres.

CATATAN PENTING;

-jika burung anda stres isolasikan terlebih dulu dari pengaruh keadaan di luar,hal ini biasa sekitar 1-2 mingguan

-jangan sering-sering di goda,biasanya yang terjadi,kita tidak sabaran untuk cepat-cepat bisa mendengarkan burung kita berkicau,padahal kita tahu burung ini masih kurang fit kondisinya.


Silahkan terapkan dulu trik di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal,terima kasih






Tidak ada komentar:

Posting Komentar