ads

Selasa, 15 Agustus 2017

20 PENYEBAB BURUNG MURAI BATU STRES



20 Penyebab Burung Murai Batu Stres 

Penyebab murai batu stress, ada beberapa factor yang menjadi penyebab Burung kesayangan anda stress, yang sering terjadi biasanya karena perubahan pada suatu lingkungan itu sendiri, jika kita tidak bisa menyadarinya maka akan berdampak buruk untuk kelangsungan hidup burung anda.


Jika anda mengalami kasus yang seperti ini maka coba periksalah dan ingat-ingat,sesungguhnya apa yang menjadi penyebab burung anda tidak seperti biasanya.apa factor makanan,minuman yang tidak steril,atau mungkin efek peralihan musim.cara mengatasi murai batu yang stres sangatlah gampang jika kita mau tahu.


Kasus yang pernah saya alami,yaitu pada saat datangnya bulan Ramadlan memang banyak sekali anak-anak yang bermain petasan maupun kembang api,dan efek suara dari petasan memang sangat mengganggu dan bikin burung saya selalu terkejut ketika petasan / kembang api di nyalakan.



Pernah suatu ketika ada ular yang hampir-hampir menelan hidup-hidup burung saya, sekitar jam 6 sore hari saya dengar burung kelabakan di dalam sangkar,sayapun bergegas untuk mengecek,apa sih yang sebetulnya terjadi?,saking penasaranya saya percepat langkah saya,betul saya seekor ular 


sedang berada dalam sangkar,masih untung saya ada di rumah,akhirnya ular berhasil saya tangkap,
Setelah kejadian itu burung saya menjadi agresif dan menjadi liar,tiap ada orang yang lewat bisa di pastikan burung menjadi takut dan kelabakan di sangkar.

Jika burung anda stress mungkin ini penyebabnya:

1•Kaget oleh suara keras [suara binatang atau petasan].

2•Burung kurang nyaman, terganggu oleh kehadiran hewan pengganggu lain, misalnya           ayam, kecoa,ular,cicak dan sebagainya.

3•Ganti-ganti sangkar ke sangkar baru,hingga membuat burung kurang nyaman.

4•Pergantian tangkringan baru yang membuat kenyamananya terganggu.

5•Sering Memegang burung, sehingga membuatnya takut.

6•Air minum yang terinveksi kuman.

7•Memberi pakan jangkrik yang sudah busuk.

8•Terkena/tercemar obat kimia (pestisida, herbisida, fungisida, dan sejenisnya).

9•Kebersihan sangkar yang tidak terjaga.

10•sangkar tidak sesuai ukuran standar burung .

11•ditinggal mati pasangannya.

12•stres karena pemilik kurang perhatian.diabaikan atau tidak mendapat perawatan khusus dari pemiliknya.

13.Sering terkena asap atau polusi udara.

14.dekat lokasi pembuangan sampah.

15•Perubahan pakan yang ekstrim.

16•Burung yang masih liar / belum jinak.

17.Sering di jahilin

18.Penjemuran secara ekstrim

19.Tidak biasa mandi pakai semprotan

20.Aksesoris dalam sangkar yang kurang nyaman



Jika terdapat faktor-faktor di atas ada baiknya anda hindari,agar burung anda tidak stres lagi,sekian





Tidak ada komentar:

Posting Komentar